Komik

Apakah Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan?

Trailer untuk Avengers: Endgame sudah rilis dan masih sungguh ramai dibicarakan. Salah satu dari banyaknya hal yang mempesona menurut kami ialah Armor Thanos yang di jadikan Scarecrow mirip yang tampakdalam komik The Infinity Gauntlet.

Dalam trailer tersebut juga kita bisa melihat Thanos yang sedang berjalan lewat kebun miliknya dengan menggunakan Infinity Gauntlet di tangannya. Meskipun kita tahu bahwa Infinity Gauntlet mengalami rusak berat di ujung film Avengers: Infinity War.

Joe dan Anthony Russo sebagaisutradara Avengers: Endgame serta Avengers: Infinity War memutuskan dalam komentar mereka untuk Infinity War bahwa “menggunakan Gauntlet untuk tindakan mirip itu menawarkan efek pada Thanos”.

Hal ini masuk akal mengingat tingkat kekuatan yang sangat besar yang dimiliki oleh enam Infinity Stone sehingga menciptakan Thanos sedikit terkenak efeknya. Selanjutnya, dengan Infinity Gauntlet yang rusak, mungkin tidak mudah untuk mengembalikan snap yang telah dilaksanakan Thanos.

Fakta diatas mengarahkan kita kepada satu pertanyaan. Apakah Infinity Gauntlet mampu dihancurkan?

Kemunculan Infinity Gauntlet

Ini yaitu sebuah perdebatan besar dengan segala macam teori wacana Infinity Gauntlet, entah itu model buku komik atau model Marvel Cinematic Universe.

Salah satu Artefak Kosmis yang kini kita kenal selaku Infinity Gauntlet ialah salah satu sarung tangan yang sudah Thanos kenakan di komik selama bertahun-tahun. Hanya saja beliau menggunakannya untuk meletakkan ke enam Infinity Stone (awalnya disebut Infinity Gems dalam komik) pada sarung tangan itu.

Gambar dibawah ini adalah Thanos dengan sarung tangannya dikala performa pertama di halaman komik Captain Marvel.

Dan ini adalah Thanos menggunakan Infinity Gauntlet dengan Infinity Gems (kini Infinity Stone) di dalamnya.

Jika kalian memperhatikannya, itu ialah sarung tangan yang di dalamnya berisi Infinity Stone. Ketika kita sebuah set-up yang seperti itu, intinya menginformasikan kita bahwa tidak ada aturan khusus untuk sarung tangan (Infinity Gauntlet) yang dikenakan Thanos dalam komik.

Satu-satunya “aturan” yang pernah kami pahami tentang Infinity Gauntlet pernah disinggung dalam Warlock dan Infinity Watch # 1, lalu dikonfirmasi dalam Infinity War. Bahwa The Living Tribunal (salah satu makhluk kosmik terkuat di alam semesta) memutuskan bahwa  Infinity Stone tidak pernah bisa digabungkan bareng untuk membentuk Infinity Gauntlet.

Namun Tribunal menciptakan pengecualian jika ada makhluk kosmik yang kekal menciptakan perintah mirip yang beliau katakan. Dalam The Infinity War # 6 yang ditulis oleh Jim Starlin, Ron Lim, dan Al Milgrom, pengecualian itu dibatalkan secara permanen.

Namun, hukum “permanen” itu tidak dibarengi, alasannya adalah Infinity Gauntlet telah dipakai berkali-kali sejak dikala itu. Dengan kata lain, semua hukum dibatalkan saat membahas Infinity Gauntlet.

Apakah Infinity Gauntlet Bisa Dihancurkan?

Pertama kali Infinity Gauntlet diperlihatkan mampu menenteng kehancuran besar dalam cerita What If …? # 49 yang ditulis oleh Ron Marz, Scott Clark dan Pam Eklund. Alur kisah ini menawarkan apa yang hendak terjadi bila Silver Surfer sukses mencuri Infinity Gauntlet dari tangan Thanos sementara Thanos terganggu oleh serangan epik superhero Bumi dan Dokter Doom di Infinity Gauntlet # 4 yang ialah rencana permulaan Adam Warlock dan Surfer.

Seperti kebanyakan makhluk lain, begitu beliau menjadi tuhan, Silver Surfer mulai bertindak tidak menentu. Dia menetapkan untuk membagi kekuatannya dengan sang kekasih Shalla-Bal. Namun Shalla-Ball malah bertarung melawannya dan pada balasannya Surfer menyadari bahwa beliau telah aneh dengan kekuatan. Makara, ia memakai kekuatan itu untuk menghancurkan Infinity Gauntlet.

Namun saat Reed Richards menjajal melakukan hal yang sama dalam kontinuitas utama Marvel Universe, di New Avengers: Illuminati # 2 (oleh Brian Michael Bendis, Brian Reed, Jimmy Cheung dan Mark Morales). Infinity Gauntlet tidak akan membiarkan beliau menghancurkannya dengan gampang. Sebaliknya Reed harus membagi permata tersebut kepada anggota Illuminati.

Kemudian, setelah Hood mencuri Infinity Gems dan menempatkan Infinity Gauntlet kembali bareng , Avengers mengalahkannya dan Iron Man memegang Infinity Gauntlet. Dia mengklaim bahwa akan menggunakan kekuatan itu untuk menghanucrkan Infinity Gauntlet. Pada kenyataannya, ia hanya mengantarInfinity Gens itu kembali ke anggota Illumanit untuk kembali di jaga sekali lagi.

Setelah itu, Kapten Amerika memegang Infinity Gauntlet dalam New Avengers # 3 yang ditulis oleh Jonathan Hickman, Steve Epting dan Rick Magyar untuk menghentikan versi realitas alternatif dari Bumi yang bertabrakan dengan Bumi Marvel Universe. Dalam ketegangan untuk menghentikan serangan itu, Gauntlet sepertinya meledak.

Oleh alasannya adalah itu, terlihat bahwa di Marvel Universe, semenjak Infinity Gauntlet hanyalah sarung tangan usang Thanos, itu mungkin bisa dihancurkan karena kekuatan yang cukup. Selain itu juga mungkin tidak bisa dipakai untuk menghancurkan dirinya sendiri.

Infinity Gauntlet di MCU

Sementara itu di Marvel Cinematic Universe dalam film Avengers: Infinity War, kita mengenali bahwa Infinity Gauntlet bekerjsama yakni perangkat kosmik yang dibentuk oleh kurcaci bernama Eitri, di planet Nidavellir. Thanos menyuruh Eitri membuatkannya biar ia mampu menyalurkan energi dari Infinity Stones ke dalam Gauntlet.

Karena model Gauntlet ini dirancang untuk satu tujuan, yaitu untuk meniadakan separuh makhluk hidup di alam semesta.  Sepertinya Infinity Gauntlet ini bisa dihancurkan, terutama alasannya Eitri kemudian membantu Thor membangun versi senjata yang lebih berpengaruh. Sepertinya tidak mungkin Eitri menempa palu Strombreaker milik Thor jika itu tidak mampu merusak Thanos dan Infinity Gauntlet.

Ditambah dengan fakta bahwa Infinity Gauntlet terlihat cukup rusak pada akhir Infinity War dan di trailer Avengers: Endgame.  Nampaknya model MCU dari Infinity Gauntlet juga mampu dihancurkan. Kita akan segera mengenali bagaimana kelanjutan kisah dari infinity War ketika Avengers: Endgame rilis di bioskop pada tanggal 26 April 2019.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Untuk Melihat Konten nya Silahkan Nyalakan Dulu Javascript Dibrowser kamu atau gunakan chrome/Fire Fox Untuk Mengkases Situs Ini